Persamaan Kuadrat-Linear dan Kuadrat-Kuadrat

 Soal Persamaan Linear dan Kuadrat

1. Penyelesaian dari sistem persamaan
{y=3x5(1)y=x25x+7(2)adalah 
A. (2,1) dan (6,13)
B. (2,1) dan (6,13)
C. (2,1) dan (6,13)
D. (2,1) dan (6,13)
E. (2,1) dan 
Pembahasan:
Pertama, cari titik potong dari grafik kedua persamaan tersebut.
y=yx25x+7=3x5x28x+12=0(x6)(x2)=0x=6 atau x=2Substitusi nilai x ke persamaan (1), yaitu y=3x5.
x=6y=3(6)5=13x=2y=3(2)5=1Jadi, penyelesaian sistem persamaan linear-kuadrat tersebut adalah (6,13) dan (2,1).
(Jawaban D)

2. Himpunan penyelesaian dari SPLK 
{x+y=0x2+y2+8=0 adalah 
A. {(2,2),(2,2)}
B. {(2,2),(2,2)}
C. {(4,4),(4,4)}
D. {(2,4),(4,4)}
E. 
Pembahasan:
Diketahui SPLK
{x+y=0(1)x2+y28=0(2)Persamaan (1) dapat ditulis menjadi y=x. Substitusikan pada persamaan (2).
x2+y28=0x2+(x)28=0x2+x2=82x2=8x2=4x=±2Jika x=2, maka diperoleh y=2.
Jika x=2, maka diperoleh y=2.
Jadi, HP SPLK tersebut adalah {(2,2),(2,2)}

(Jawaban A)

3. Misalkan penyelesaian SPLK 
{xy+1=0x2+y213=0 adalah (a,b) dan (c,d). Nilai a+b+c+d=
A. 3                     C. 0                    E. 12
B. 2                     D. 
Pembahasan:
Diketahui SPLK
{xy+1=0(1)x2+y213=0(2)Persamaan (1) dapat ditulis menjadi y=x+1. Substitusikan pada persamaan (2).
x2+y213=0x2+(x+1)213=0x2+(x2+2x+1)13=2x2+2x12=0x2+x6=0(x+3)(x2)=0x=3 atau x=2Jika x=3, maka diperoleh y=2.
Jika x=2, maka diperoleh y=3.
Jadi, penyelesaian SPLK tersebut adalah (3,2) dan (2,3), sehingga nilai a+b+c+d=3+(2)+2+3=0
Catatan: Karena yang ditanyakan adalah jumlah dari a,b,c,d, maka masing-masing nilainya tidak perlu dipermasalahkan bila ditukar-tukar, sebab hasil penjumlahannya pasti sama.
(Jawaban C)

4. Titik koordinat yang termasuk penyelesaian dari sistem persamaan 
{y=2x+5y=x23 adalah 
A. (4,13)                       D. (2,1)
B. (2,1)                         E. (4,11)
C. 
Pembahasan:
Pertama, cari titik potong dari grafik kedua persamaan tersebut.
y=yx23=2x+5x22x8=0(x4)(x+2)=0x=4 atau x=2Substitusi masing-masing dua nilai x tersebut ke persamaan y=2x+5, sehingga diperoleh
x=4y=2(4)+5=13x=2y=2(2)+5=1Jadi, titik potongnya adalah (4,13) dan (2,1).
Titik potong adalah titik koordinat yang merupakan penyelesaian dari sistem persamaan tersebut.
(Jawaban B)

5. Penyelesaian dari sistem persamaan
{xy=2(1)x2+16y224xy16=0(2)adalah 
A. (6,4) dan (127,27)
B. (6,4) dan (27,127)
C. (4,6) dan (27,127)
D. (4,6) dan (127,27)
E. (4,6) dan 
Pembahasan:
Ubah persamaan (1) menjadi
x=2+y    (3)Substitusi persamaan (3) pada persamaan (2). Kita peroleh
x2+16y224xy16=0(2+y)2+16y224(2+y)y16=0y2+4y+4+16y248y24y216=07y244y12=07y2+44y+12=0(7y+2)(y+6)=0y=27 atau y=6Substitusi nilai y ke persamaan (1), yaitu x=2+y.
y=27x=2+27=127y=6x=2+(6)=4Jadi, penyelesaian sistem persamaan linear-kuadrat tersebut adalah (4,6) dan (127,27).
(Jawaban D)


Soal Persamaan Kuadrat-Kuadrat

1Himpunan penyelesaian dari sistem persamaan  adalah
A. {(5,2),(2,3)}
B. {(2,-5),(2,-3)}
C. {(-2,5),(2,-3)}
D. {(-2,-3),(2,-5)}
E. {(-3,5),(2,-2)}
Pembahasan:
Substitusikan persamaan y = x2 -2x - 3 ke persamaan y = -x2 -2x + 5
x2 -2x - 3 = -x2 -2x + 5
<=> 2x2 -8 = 0
<=> x2 - 4 = 0
<=> (x - 2)(x + 2) = 0
<=> x = 2 atau x = -2
Untuk x = 2
y = x2 - 2x - 3
y = (2)2 -2 (2) - 3
y = 4 - 4 - 3
y = -3
Untuk x = -2
y = x2 - 2x - 3
y = (-2)2 -2 (-2) - 3
y = 4 + 4 - 3
y = 5
Jadi, himpunan penyelesaiannya adalah {(-2,5),(2,-3)} (Jawaban C)

2. 

3. Tentukan himpunan penyelesaian SPKK berikut dan gambarkan sketsa grafik tafsiran geometrinya.
y = x2  1
y = x2  2x  3
Jawab:
Subtitusikan bagian kuadrat yang pertama y = x2  1 ke bagian kuadrat yang kedua y = x2  2x  3 sehingga diperoleh:
 x2  1 = x2  2x  3
 x2  x2 = 2x  3 + 1
 2x = 2
 x = 1
Selanjutnya, subtitusikan nilai x = 1 ke persamaan y = x2  1 sehingga diperoleh:
 y = x2  1
 y = (1)2  1
 y = 1  1
 y = 0
Dengan demikian, himpunan penyelesaian dari SPKK tersebut adalah {(1, 0)}. Tafsiran geometrinya adalah grafik parabola y = x2  1 dan parabola y = x2  2x  3 berpotongan di satu titik, yaitu di (1, 0). Perhatikan gambar di bawah ini.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL FUNGSI: LINEAR, KUADRAT, RASIONAL, IRASIONAL DAN GRAFIKNYA SERTA MEMBACA GRAFIKNYA

FUNGSI: LINEAR, KUADRAT, RASIONAL, IRASIONAL DAN GRAFIKNYA SERTA MEMBACA GRAFIKNYA

SOAL KONTEKSTUAL (KEHIDUPAN SEHARI-HARI) BERKAITAN DENGAN PERBANDINGAN TRIGONOMETRI PADA SEGITIGA SIKU-SIKU